Pemprov Pancasila
Pemprov TNI
4 Pjs Bupati

Disperwaskim Konut Launching Proyek Perubahan Kawasan Anti Kumuh

PENASULTRA ID, KONAWE UTARA –
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Utara (Konut) melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim) melaunching proyek perubahan Kawasan Anti Kumuh (Kawanku) Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Wawolesea, Rabu 1 Juli 2020.

Promo Pena

Kepala Disperwaskim Konut, Azis Muslim mengatakan, proyek perubahan Kawanku merupakan suatu tahapan dari mainstone atau tahapan dari kegiatan proyek perubahan yang sementara ini masih diikuti di Pusat Pelatihan dan Pengembangan Lembaga Administrasi Negara (P3LAN) di Makassar.

“Gagasan berfikir ini saya ambil berdasarkan bahwa di Konut masih banyak terdapat kawasan kumuh berdasarkan surat keputusan Bupati Konut nomor 397 tahun 2019. Dimana kawasan kumuh di Konut masih ada 44 titik yang berada di wilayah pesisir,” ungkap Azis Muslim.

Selama sebulan penuh, Disperwaskim Konut dan masyarakat Desa Tanjung Bunga telah beberapa target yang telah diselesaikan sampai launching hari ini.

“Diantaranya merehabilitasi satu buah MCK yang dibangun 2011 yang sudah tidak terpakai karena air sudah tidak ada, sehingga adanya Pamsimas bisa berfungsi kembali kemudian kita membangun cara berfikir masyarakat agar tidak membuang sampah di laut,” tuturnya.

Kemudian, pemasangan lampu-lampu jalan sebanyak 82 tiang dan sudah menyala,
pembuatan pagar, pengecetan pagar sebanyak 72 unit rumah serta rehabilitasi
rumah penduduk yang tidak layak huni dan perbaikan drainase atau saluran air.

Pena Siberindo

“Saya berharap mudah-mudahan Desa Tanjung Bunga menjadi percontohan desa pengembangan kawasan pemukiman di Konut,” ujarnya.

Camat Wawolesea Bastian menyampaikan rasa terima kasih dan empati serta bersyukur dengan adanya program Kawanku yang dilaksanakan Pemda Konut melalui Disperwaskim.

“Bila ada kegiatan dari dinas-dinas lain di bawah di kecamatan Wawolesea sangat mendukung dan membantu program itu,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Konut Ruksamin mengapresiasi proyek perubahan ini apalagi sekarang ini menghadapi pandemik Covid 19 kita masih bisa melaksanakan program-program Pemda Konut.

“Ini merupakan salah satu konsep dan dorongan secara ilimah dibuktikan dengan dilaksanakan program di desa,” sebut Ruksamin saat membuka kegiatan launching proyek perubahan Kawanku.

“Harapan saya kedepan ini menjadi pailot projek menjadi percontohan terhadap pelaksanaan pembangunan khususnya di bidang perumahan dan kawasan pemukiman di Konut,” pungkas Ruksamin.

Penulis : Iwan
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.