Promo Pena

Bupati Konut Panen Raya Perkebunan Milik Kelompok Taruna Tani

PENASULTRA.ID, KONAWE UTARA –
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) bersama masyarakat dan jajaran Forkopimda melakukan panen raya di lahan perkebunan kelompok Taruna Tani Konasara di Desa Awila, Kecamatan Molawe, Senin 14 September 2020.

Covid-19 Pemprov

Dalam sambutannya, Bupati Konut Ruksamin mengatakan dimasa pandemi Covid-19 sangat cocok untuk melakukan kegiatan perkebunan.

“Alhamdulillah dengan menjaga Konut selain jaga jarak lebih bagus beraktivitas di kebun,” ungkapnya.

“Saya sangat apresiasi kelompok Taruna Tani Konasara yang mempunyai lahan begitu luas bisa memanfaatkan dalam bidang perkebunan,” ujarnya.

Ia berharap, kepada para kepala desa bisa membuka lahan untuk sama-sama kita bertani.

Promo Pena

Sementara itu, Ketua Taruna Tani Konasara Konut Muharam menyebut panen perdana sayur di area perkebunan agrowisata taruna tani Konasara luas wilayahnya kurang lebih 12 hektare ditanami 33 jenis tanaman dengan tahap pengembangan pertama.

“Setelah panen perdana ini kami akan melihat pengembangan selanjutnya apa yang cocok dari jenis tanah disni dengan perlakuan teknologi,” tuturnya.

Untuk jenis tanaman, tambah dia, akan di tanami seperti sawi putih, gambas, aneka ragam labu, kol dan bunganya, paria, cabai, terong, dan berbagai jenis lainnya.

Mantan Komisioner KPU Konut ini menjelaskan, dengan jumlah kelompok tani 15 orang, program tanam dilakukan sejak dibulan awal ramadhan dengan jangka waktu empat bulan. Bibit diperoleh dari perusahaan panah merah dengan pupuk yang digunakan ada dua jenis pupuk organik dari kotoran hewan dan produk yaramila.

“Hasil perkebunan ini akan disuplai keperusahaan seperti Virtue Dragon Konawe dan PT. IMIP Morowali,” jelasnya.

Penulis : Iwan
Editor: Bas

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.